Author: Jovie Dhy
•Monday, February 11, 2013

Rakia sudah belajar berjalan umur 10-11 bulan, namun kemudian sakit panas demam, lalu sembuh lalu panas lagi..gitu terus-terusan sampai hampir 3 minggu. Saat di cek oleh dokter katanya mau tumbuh gigi. Dan sekarang setelah sembuh dari sakit, makannya banyak, telor/ayam/ikan yang dulu Rakia gak suka dan selalu dilepeh sekarang malah dia minta, jadi semua makanan bisa masuk. Karena biasanya cuma susu, makannya nasi dan harus sayuran aja, kalaupun mau lauk cuma tahu atau tempe, untuk makanan tambahan buah apel/pisang/yoghurt/agar-agar. Saya berkali-kali belikan ikan tuna, daging ayam, or protein lainnya jika saya steam, goreng atau masak apapun tanpa campuran sayur biasanya Rakia enggan makan, jadi masaknya harus Ayam dipotong iris tipis-tipis sekali dimasak dengan wortel dan tomat/taoge dan sayuran lain jika ada. Baru deh Rakia mau makan, tapi lama-lama Rakia tahu juga kalau ada daging didalam sayuran, jadi dipilih cuma sayuran aja....daging udah sampai dalam mulut pasti dicari dan dibuang...hanya sayuran dan nasi yang dimakan. Kalau ASI sih selalu kuat, beda ama anak-anak lain...Rakia dikit-dikit pasti minta ASI meskipun habis makan banyak, habis minum air putih banyak or dalam kondisi apapun selalu minta ASI.

Sekitar 2 hari kemarin Rakia mulai minta makan telor, dia ambil di kulkas lalu saya rebus/goreng...dia mau makan banyak. Lalu malam ini makan daging ayam dia malah minta terus...Alhamdulillah.

Cuma yah sekarang kembali seperti pas belum sakit...GAK BISA DIAM..karena tenaga makin kuat, asi juga makin kuat, tambah tinggi, tambah keras tulang-tulangnya, makin cerdas, dan makin cepat lari-larinya...Gigi juga udah tumbuh 5, gigi atas 3 mau 4, gigi bawah masih 2 biji. 

Ngomong juga makin pinter, bisa bilang : Minta (itaaaa), Merdeka (edetaaa),dadah (dadaaaa), Ayah (ayaaaaaah), Bunda (Ndaaaaaaaaaaaa/Buaaa), Maem (Mam mam), dan kata-kata lainnya bahasa aneh yang sulit dimengerti hehe...

Moga Rakia-ku makin sehat, makin pinter. Amin

[+/-] Selengkapnya...


Photobucket
Links to this post
Author: Jovie Dhy
•Monday, February 11, 2013

23 Januari 2013 beberapa hari lalu adalah ultah Rakia, Dan karena tahun lalu Rakia lahir pas hari Raya Imlek 2012 yang jatuh tepat pada 23 Januari 2012..sekarang Imlek 2013 jatuh pada 10 Pebruari 2013. Jadi inget banget pas melahirkan si buah hatiku yang cute tahun lalu...

Tanggal 23 Januari kemarin pas ultahnya Rakia ke-1 tidak ada acara apapun meskipun hanya Kue ultah,  kasihan juga ultah pertama gak dirayakan dan saya tidak membuat sesuatu yang special buat Rakia-ku tapi karena saya sekeluarga (suami dan Rakia) tinggal di Bali sedangkan seluruh keluarga dan saudara di Jawa jadi tidak tahu bagaimana merayakan ultah untuk anak kecil, bagaimana masak-masaknya, dimana pesen jajanan, kemudian siapa yang mau diundang? so, saya tidak membuat apapun.

Beda jika di rumah orangtua saya di Jawa, Ibuku (neneknya Rakia) berkali-kali menelpon berharap bisa merayakan ultahnya Rakia dan memanggil group Rebana disana untuk bernyanyi "Selamat Ulang Tahun" diiringi Rebana, didoakan bersama-sama, disiapkan jajanan, memasak berbagai makanan syukuran untuk para saudara, kemudian mengundang sepupu-sepupunya Rakia dan teman-teman sebayanya di Jawa, pasti ramai banget. Dan di Jawa juga pastinya dari seluruh saudara-saudara saya banyak yang membantu dalam urusan belanja, serta tetek bengeknya. 

Dulu, tradisi ulangtahun sebenarnya tidak berlaku, toh ultah saya aja hanya dirayakan saat 17tahun dengan Nasi Tumpeng Kuning, acara syukuran serta nyanyi diiringi gitar...selain itu tidak ada lagi. Then, karena anak-anak dan anak-anak dari saudara banyak masih kecil-kecil dan lumayan banyak..jadi untuk saling mengakrabkan, memperhatikan sang buah hati, kumpul-kumpul bersama keluarga..acara ultah aja yang tepat saat ini. Jadi sebagian besar keponakan-keponakan (sepupunya Rakia) dirayakan ultahnya, seneng nipu lilin, kumpul ama teman-teman, pakai baju bagus, dan bisa cerita acara ultahnya juga foto-fotonya.

Tapi biarlah...untuk sementara dipending dulu perayaannya, Moga di tahun depan, seandainya Rakia dan kami masih di Bali, sudah punya banyak teman dan ada rejeki yang melimpah sehingga bisa merayakan ultahnya Rakia, jika kita pindah ke Jawa...moga juga bisa merayakannya dengan keluarga besar. Amin.

So, doaku moga Rakia selalu menjadi anak yang baik, yang pinter, yang tekun, taat kepada Allah, orangtua, serta nusa bangsa. Amin

[+/-] Selengkapnya...


Photobucket
Links to this post
Author: Jovie Dhy
•Tuesday, October 30, 2012

Rakia emang suka banget ama yang namanya Buah, terutama Tomat dan Apel. Wah, kalau udah tahu Bunda pegang tomat, pasti deh merengek minta. Awalnya Bunda gak tahu jadi Bunda bingung apa yang Rakia minta. Tapi setelah Rakia ambil sendiri dan berhenti merengek setelah ambil tomat, Bunda jadi tahu. Owalah ternyata tomat. Dulu pas awal-awal MPASI 6 bulan, Bunda biasa rebus tomat or campur dengan Bubur MPASI lainnya, misal campur tomat ama Labu Kuning kemudian disaring, atau campurkan dengan tepung beras merah kemudian disaring. Namun sekarang Rakia sudah besar udah 8 bulan, jadi sudah tidak makan bubur lagi...sejak umur 7 bulan pas Lebaran lalu sudah tidak mau lagi makan bubur, jadi terhitung cuma 1 bulan aja Rakia mau makan bubur yaitu selama Ramadhan dari tanggal 22 Juli - 22 Agustus, setelah itu tidak mau lagi sampai sekarang. Setelah Batuk, pilek dan panas demam kemudian tumbuh 2 gigi bawah then setelah itu sampai sekarang tidak pernah mau lagi makan bubur, meskipun dirayu-rayu, nyuri-nyuri pas Rakia gigitin mainan Bunda masukkan bubur tetap aja dimuntahkan tuh bubur. Setelah itu makannya maunya nasi. Karena tepung beras merah masih ada sisa dikit di container, Bunda coba bikin dan campur dengan hati ayam, eh tetap saja tidak mau. Ya sudahlah Bunda tetap kasih nasi. So, Bunda masak nasinya lembek supaya Rakia bisa ikut makan. Kadang Bunda kasih nasi sama sosis, hati ayam, ikan tuna, tahu, telur ayam kampung, tempe, tahu, sayuran, udang, dll. Biasanya Bunda steam or rebus. Nanti deh di post selanjutnya Bunda kasih menu nya. Semuanya Rakia suka makan kecuali ikan-ikanan Rakia mau makan tapi sedikit...

Ohya kembali ke topik awal bahwa Rakia suka sekali sama Tomat, untuk sekarang ini Bunda saring tomat tersebut dengan penyaring makanan bayi, cuma dipencet-pencet maka soup+daging dari tomat akan keluar dan yang tersisa tinggal kulit dan isi kemudian dibuang...Namun belakangan ini Rakia sudah tidak sabar menunggu Jus tomatnya jadi, so saat tomat masih dalam keadaan bulat utuh Rakia pasti minta, jika tidak dikasih masih aja merengek. Awalnya tomat saya iriskan kecil dan sisanya saya jus...eh lama-lama Rakia ambil dalam keadaan tomat bulat utuh karena sudah tidak sabar, dan gak nyangka aja ternyata tomat tersebut Rakia gigit-gigit sampai berlubang dan sedot-sedot isinya serta gigit dagingnya. Daging dan airnya ditelan, isi dan kulitnya dia muntahkan dari mulut....Wah pinter banget. Jadi yang tersisa di lantai cuma isi tomat dan kulit tomat, Daging tomatnya pada kemana? Udah habis dimakan ama Rakia :)

Untuk apel, Bunda masih jus...tapi sama aja Rakia gak sabar menunggu..Jadi Bunda iriskan apel dikit untuk digigit-gigit, sisanya Bunda jus...pas minum jusnya, aduh Rakia tidak sabar...So sekarang Bunda bikin seperti bikin tomat, hanya pencet dengan saringan makanan bayi, pilih apel yang kualitasnya bagus yang airnya banyak (harganya agak mahal sekitar 35rb/kg). Sekarang gigi Rakia 3, sudah bisa gigit makanan jadi apelpun, dikit dikit bisa hancur di mulutnya kemudian baru deh ditelan setelah hancur.

[+/-] Selengkapnya...


Photobucket
Links to this post
Author: Jovie Dhy
•Monday, June 11, 2012


Rakia saat ini lagi banyak banget tingkah lucu bin anehnya. Misalnya aja :
(1)kalo bobok, Bunda dideask-desak terus jadinya Bunda gak bisa tidur 1kasur ama Rakia, Bunda tidur diatas karpet dengan 2 bedcover sama Ayah karena 1 kasur hampir ditempati oleh Rakia karena tiap bobok tubuhnya kemana-mana gk di satu tempat...Bunda kadang bingung kalo pas malam-malam Rakia bangun posisi kepala tidur udah gak menentu jadi Bunda harus benerin dulu biar Bunda bisa tiduran disampingnya sambil menyusui,


(2)suka banget ikutan terjun ke bawah, jadi kasur diatas kosong dan Rakia terjun ke bawah kadang sambil merem-merem posisi kepala di kasur posisi tubuh udah dibawah di karpet, untuk terjun kebawah sehari semalam bisa 10-20kali, beruntung kasurnya Bunda di lantai andai kasurnya spring bed tinggi seperti di kost kemaren sangat berbahaya karena jika Rakia bangun dari bobok gak pernah ada suara tiba-tiba udah mainan tangan terus gak asmpai 5 menit udah terjun ke lantai, baru aja ditaruh diatas dalam waktu 1-2menit pasti udah turun lagi di lantai jadi gerakan tubuh rolling terus,
(3) kalo mimik ASI minta dipeluk sambil ngobrol trus dia dengerin sambil bilang "hmmm, hmmm" ngajak ngobrol trus senyum-senyum, or Rakia minta mimik ASI sambil terngkurap meskipun menurut Bunda posisi ini susah tapi buat Rakia posisi ini nyaman karena bisa bobok lama meskipun kadang kalau udah nyenyak Bunda rubah posisinya telentang biar leher gak sakit...


(4)penasaran ama semua barang yang berwarna, biasa disentuh-sentuh diperhatikan kemudian dijilatin. Jika Bunda pegang HP biasanya Rakia minta HP itu then dipegang-pegang kalau diminta Rakia malah merengek, namun ternyata tuh HP cuma mau dijilatin,
(5)suka ama TV and laptop, jika Laptop nyala trus ayahnya or saya (Bunda-nya) nonton film or main games maka Rakia akan tenang dengan posisi menonton sambil gigit jari, mata memperhatikan dan alis menyatu serta jidat berkerut seperti berfikir, jika Ayah ngetik main internet or main games maka Rakia juga ikutan pencet-pencet keypad #hadeuh

(6)membalas perlakuan orang dewasa, contohnya aja tetangga kost (Ayu) karena saking gemesnya maka meledek memukul pipi Rakia, dan setelah beberapa menit Rakia memukul pipinya Ayu dengan keras sampe 4x, Ayah suka meledek jewer kuping Rakia eh Rakia jika digendong Ayah pasti jewer kuping Ayah, trus temen ayah suka cubit Rakia, Rakia juga cubit dia, perlakuan Rakia ke mereka beda ama perlakuan Rakia ke Bunda...Rakia ke Bunda biasa pegang pipinya Bunda, elus2 pipinya Bunda dan jewer pipinya Bunda and kadang pengen nyentuh mata Bunda, sama seperti yang Bunda lakukan ke Rakia karena setelah mandi biasa Bunda ciumin and elus-elus pipinya, bersihin matanya, dll
(7)Cepet hafal apa yang diajarkan, Tiap mimi Bunda biasa main-main ama Rakia nyanyi-nyanyi sambil tarik tekuk tangan Rakia tempelin ke pipi Rakia kemudian lurusin, sekarang jika Bunda gak elakukan itu maka Rakia-lah yang pegang jari Bunda dan sentuh pipinya menekuk tangan kemudian meluruskan. Kemudian Ciluk Bah...Rakia biasa menutupi sendiri kepalanya dengan bantal atau selimut kemudian membuka-nya sambil ketawa-ketawa and kadang bilang "Oooop Bah, ooop bah"



(8)Cari perhatian jika ada Ayah di rumah. Kebiasaan nih kalau ada Ayah di rumah kemanapun Ayahnya pergi pasti dilihatin mskipun sedang mimik ASI harus sambil lihat Ayahnya, kalau digendong Ayah kadang Bunda mau gendong Rakia gk mau *gaya*
(9) Suka bangunin dan gangguin Ayah jika Ayah tidur, Ini dia tingkahnya yang lucu dan gak habis pikir...pernah Ayahnya kesiangan bangun pagi udah jam 7.40 belum bangun, Bunda bobo disamping Rakia sehabis menyusui tapi sampai tertidur lalu Bunda menghadap ke tembok, Bunda denger suara Rakia "Eh, Eh" maka Bunda langsung bangun karena pasti Rakia minta mimik, eh Bunda tengok Rakia gak ada disebelah Bunda ternyata Rakia sudah turun ke lantai diatas karpet sambil tengkurap, hentak-hentakkan kakinya dan manggil Ayah suruh bangun..Jika Minggu Ayah bangun siang juga pasti Rakia yang gangguin supaya bangun, biasa Rakia tengokin Ayah gak berkedip and minta ayah bangun...makanya Ayah gk bisa bobok jika Rakia belum bobok karena Rakia pasti gk mau bobok kalau ada Ayah, kalau Rakia bangun duluan pasti juga gangguin Ayah supaya bangun


(10)Bantal guling dan Jaket, Jika bobo yang dicari tuh jaket barunya yang berwarna biru yang gambarnya suka dijilatin ama bantal guling, jika Rakia bangun and gak ada bantal guling or jaket maka akan nyari-nyari, jika udah ketemu maka bobok lagi
(11)Suka sekali ama tali, apa aja yang berbentuk tali maka pasti Rakia tarik or pegang, contohnya aja rambutnya Bunda pasti Rakia cari-cari and jambak, kemudian tali bantal guling...tiap hari gak tahu berapa kali deh Bunda harus benerin talinya karena pasti dilepasin ama Rakia, kabel mouse or charger/gantungan HP...tiap deket-deket laptop pasti sambil narik itu dan di pegengin kemudian dijilatin
(12)gerakan merunduk, sekarang Rakia sudah bisa mengangkat tubuhnya, lutunya udah kayak gerakan merangkak tapi tangannya belum kuat jadi masih pakai siku..jadi jika Rakia jalan sambil tengkurap seperti gerakan merunduk dan menghindari BOm..haha

Tapi apapun tingkahnya, tetep aja makin hari makin lucu :)

[+/-] Selengkapnya...


Photobucket
Links to this post