Author: Jovie Dhy
•Tuesday, October 30, 2012
Rakia emang suka banget ama yang namanya Buah, terutama Tomat dan Apel. Wah, kalau udah tahu Bunda pegang tomat, pasti deh merengek minta. Awalnya Bunda gak tahu jadi Bunda bingung apa yang Rakia minta. Tapi setelah Rakia ambil sendiri dan berhenti merengek setelah ambil tomat, Bunda jadi tahu. Owalah ternyata tomat. Dulu pas awal-awal MPASI 6 bulan, Bunda biasa rebus tomat or campur dengan Bubur MPASI lainnya, misal campur tomat ama Labu Kuning kemudian disaring, atau campurkan dengan tepung beras merah kemudian disaring. Namun sekarang Rakia sudah besar udah 8 bulan, jadi sudah tidak makan bubur lagi...sejak umur 7 bulan pas Lebaran lalu sudah tidak mau lagi makan bubur, jadi terhitung cuma 1 bulan aja Rakia mau makan bubur yaitu selama Ramadhan dari tanggal 22 Juli - 22 Agustus, setelah itu tidak mau lagi sampai sekarang. Setelah Batuk, pilek dan panas demam kemudian tumbuh 2 gigi bawah then setelah itu sampai sekarang tidak pernah mau lagi makan bubur, meskipun dirayu-rayu, nyuri-nyuri pas Rakia gigitin mainan Bunda masukkan bubur tetap aja dimuntahkan tuh bubur. Setelah itu makannya maunya nasi. Karena tepung beras merah masih ada sisa dikit di container, Bunda coba bikin dan campur dengan hati ayam, eh tetap saja tidak mau. Ya sudahlah Bunda tetap kasih nasi. So, Bunda masak nasinya lembek supaya Rakia bisa ikut makan. Kadang Bunda kasih nasi sama sosis, hati ayam, ikan tuna, tahu, telur ayam kampung, tempe, tahu, sayuran, udang, dll. Biasanya Bunda steam or rebus. Nanti deh di post selanjutnya Bunda kasih menu nya. Semuanya Rakia suka makan kecuali ikan-ikanan Rakia mau makan tapi sedikit...

Ohya kembali ke topik awal bahwa Rakia suka sekali sama Tomat, untuk sekarang ini Bunda saring tomat tersebut dengan penyaring makanan bayi, cuma dipencet-pencet maka soup+daging dari tomat akan keluar dan yang tersisa tinggal kulit dan isi kemudian dibuang...Namun belakangan ini Rakia sudah tidak sabar menunggu Jus tomatnya jadi, so saat tomat masih dalam keadaan bulat utuh Rakia pasti minta, jika tidak dikasih masih aja merengek. Awalnya tomat saya iriskan kecil dan sisanya saya jus...eh lama-lama Rakia ambil dalam keadaan tomat bulat utuh karena sudah tidak sabar, dan gak nyangka aja ternyata tomat tersebut Rakia gigit-gigit sampai berlubang dan sedot-sedot isinya serta gigit dagingnya. Daging dan airnya ditelan, isi dan kulitnya dia muntahkan dari mulut....Wah pinter banget. Jadi yang tersisa di lantai cuma isi tomat dan kulit tomat, Daging tomatnya pada kemana? Udah habis dimakan ama Rakia :)

Untuk apel, Bunda masih jus...tapi sama aja Rakia gak sabar menunggu..Jadi Bunda iriskan apel dikit untuk digigit-gigit, sisanya Bunda jus...pas minum jusnya, aduh Rakia tidak sabar...So sekarang Bunda bikin seperti bikin tomat, hanya pencet dengan saringan makanan bayi, pilih apel yang kualitasnya bagus yang airnya banyak (harganya agak mahal sekitar 35rb/kg). Sekarang gigi Rakia 3, sudah bisa gigit makanan jadi apelpun, dikit dikit bisa hancur di mulutnya kemudian baru deh ditelan setelah hancur.

Related Posts by Categories




Photobucket
This entry was posted on Tuesday, October 30, 2012 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Post a Comment