Author: Jovie Dhy
•Wednesday, December 14, 2011
hoax, cerita gak benar, cerita bohongMitos dan Hoax sering sekali kita dengar, dan tanpa disadari kadang kita juga ikut mengalami bahkan mempercayai Berita-berita yang mengandung Unsur Hoax atau hanya Mitos. Kedua arti kata tersebut menurut saya hampir sama, yaitu suatu Berita yang dikoar-koarkan tapi belum tentu kebenarannya karena tanpa ada bukti khusus dari berita tersebut, namun dalam pemakaian kata sehari-hari tentu saja tidak bisa dicampur adukkan, Hoax tidak bisa disebut Mitos dan Mitos juga tidak bisa disebut sebagai Hoax. Untuk lebih detailnya definisi Hoax dan Mitos adalah sebagai berikut :

Hoax adalah suatu kejadian yang dibuat-buat, dengan kata lain hanyalah karangan belaka. Hoax biasanya diartikan sebagai berita bohong, atau tidak sesuai dengan kenyataan karena kurangnya informasi, akhirnya digembor-gemborkan, seolah-olah informasi itu benar, padahal tidak benar.

Mitos adalah suatu cerita yang kebenarannya tidak bisa dibuktikan dan sudah menjalar keberbagai kalangan orang banyak.. sama seperti legenda atau hanya cerita bohong belaka saja.

Contoh Hoax :
Banyak sekali Contoh-contoh Hoax yang sering kita jumpai, misalnya seperti berita terakhir dari Boradcast Blackberry Messeger yang mengabarkan Untuk selalu Cuci Pakaian sebelum dipakai, Kemudian "gara-gara tidak mencuci Bra sebelum dipakai" maka membesar-besarkan cerita menjadi sebagai berikut :

penyakit aneh di payudara, hasil photoshop payudara dan bunga terataicerita dibawah ini tidak benar
Dear All
Tanpa bermaksud jorok ataupun melecehkan! Tolong disebarkan ke semua kenalan dan e-mail yang Anda punya, khususnya wanita. Cuci bra dan pakaian2 baru Anda sebelum dipakai. Banyak orang yang melakukannya, ini sebagai peringatan bagi yang tidak melakukannya. Baca dan persiapkan diri Anda untuk melihat gambar-gambar berikutnya. Kami tidak tahu parasit apa yang ada dalam pakaian ketika kita membelinya. Ya Tuhan, Menjijikkan. Kirimkan ke semua wanita!!!

Cuci bra baru Anda sebelum Anda memakainya!!! jadikan kebiasaan mulai sekarang untuk mencuci pakaian baru Anda sebelum memakainya, ini sangat penting!!!

Setelah Susan McKinley (antroplogis) pulang setelah ekspedisi di amerika selatan, ia menyadari ada ruam aneh di payudara sebelah kirinya, tidak ada yang tahu itu apa, dan ia pikir ruam itu akan hilang seiring waktu

Setelah ia kembali ia menemui dokter karena sudah dimulainya rasa sakit. Dokter tidak tahu penyakit apa yang dideritanya, dokter memberikannya antibiotik dan krim khusus.. Setelah waktu berselang rasa sakitnya tidak hilang dan payudaranya semakin panas dan mulai berdarah

Ia memutuskan untuk membalut pendarahan itu, bagaimanapun rasa sakitnya makin bertambah, ia mulai mencari dokter2 yang terbaik. Dr. Lynch tidak bisa mendiagnosa infeksi apa yang terjadi dan meminta Susan untuk mencari temannya yang ahli dalam bidang dermatologi

Sialnya sang dokter sedang berlibur. Susan menunggu selama 2 minggu dan akhirnya dapat bertemu dermatologist tersebut. Perubahan akan terkuak dalam pertemuan ini

Susan terkejut, setelah ia membuka perbannya, mereka menemukan larva bertumbuh dan bersarang dalam pori2 dan dalam luka payudaranya. Sesekali mahluk jahat ini masuk dalam peri-pori dan muncil di lubang sebelahnya. yang ia tidak tahu adalah lubang itu sangat dalam dari yang ia bayangkan. Larva ini memakan lemak, lapisan kulit dan kanal susu payudaranya!

Padahal kalau dipikir-pikir, gak mungkin banget hanya karena tidak mencuci Bra sebelum dipakai akan mendatangkan penyakit seperti itu, Emang sih peringatannya bagus...kita emang harus selalu mencuci pakaian meskipun itu baru kita beli karena barang dagangan yang dipajang di toko-toko kemungkinan disentuh banyak orang dan kena debu, dan kita juga harus mencuci pakaian kita apabila dipinjem ama orang lain hanya untuk menjaga-jaga aja. Tapi jika sampai kena penyakit seperti itu rasanya gak mungkin banget.

Lalu setelah membaca broadcast BBM tersebut, saya coba googling...ternyata :

Foto diatas sudah lama beredar di internet sejak Juni 2003, dan baru pada bulan Agustus 2003, nama antropologis Susan McKinley ditambahkan ke dalamnya. Foto ini sebenarnya merupakan hasil edit antara foto buah dada dengan biji bunga teratai, sebagaimana dilansir oleh urband legends dan snopes.com

Sampai pada Maret 2007, hoax semakin berkembang dengan unsur cerita tambahan tentang "bra baru yang mesti dicuci sebelum dipakai" and sampai sekarang setelah zaman Blackberry sedang trend, hal seperti ini masih juga disebarkan tanpa lihat kebenarannya.


Contoh Mitos
Sama dengan Hoax, Mitos juga sering kita alami..dan gak sedikit yang percaya dengan mitos bahkan menjadi kepercayaan turun temurun yang harus dipercayai tanpa ada bukti kebenarannya. Contoh Mitos adalah sebagai berikut :
  • Perempuan Hamil tidak boleh memotong rambut/Suami dilarang memotong rambutnya ketika Istri sedang hamil
    Saya sendiri tidak tahu siapa yang membuat cerita ini, tanpa menyebutkan sebab musababnya tapi hal ini beredar luas, sebagai wanita zaman sekarang jujur aja saya tidak mempercayai hal tersebut, dalam Islam kita diwajibkan selalu rapi dan enak dilihat tapi tidak boleh memotong rambut sampai pendek dan bermodel seperti laki-laki. Kemudian laki-laki kalau gak memotong rambutnya ketika istri sedang hamil, apakah mungkin selama 9 bulan rambut akan gondrong? Kemudian jika si suami seorang tentara yang mau gak mau harus memotong rambutnya, gimana? Apakah mungkin mereka harus gondrong selama istri sedang hamil? :D
  • Jangan makan rambutan/semangka/makan pedas/makan udang ketika Hamil
    Selama saya hamil, banyak sekali larangan jika ketemu orang-orang awam..tapi jika saya tanya ke Dokter mereka akan bilang "Jangan menghindari makanan apapun agar bayinya sehat, terutama mekanan yang bergizi", kemudian ketika saya tanya ke Ibu saya, Ibu juga bilang "Udang tuh bagus banyak gizi nya. Kalau kamu suka udang, makan aja gak apa-apa..Kamu termasuk beruntung hamil masih doyan makan jadi kebutuhan gizi si jabang bayi terpenuhi, dulu Ibumu ini pas hamil gak doyan makan apapun tiap lihat makanan langsung mual dan muntah, sengsara banget rasanya dan berkali-kali ke Dokter"
    Kemudian pas awal-awal bulan justru yang aku idam-idamkan adalah makan semangka kuning, maka aku cari semangka tersebut...eh salah satu teman ada yang bilang "Jangan makan semangka", waduh!! wong lagi ngidam semangka malah gak boleh makan semangka...kemudian saya tanya "Kenapa?" Dia bilang "Panas", padahal yang saya tahu yang panas adalah Anggur, Lenkeng, Leci, rambutan, Durian, dan jenis-jenis buah tersebut yang jika musim dingin datang kita kerap membeli buah-buah tersebut karena akan terasa hangat, sedangkan semangka, pepaya, melon, labu dan sejenisnya (jenis 'kua') adalah buah yang dimakan ketika musim panas karena akan dingin di badan. Saya juga pernah membaca sebuah majalah Islam bahwa buah kesayangan Rasulullah adalah Melon saat musim panas dan Anggur ketika musim dingin. Jadi, apa dasar dari teman bilang bahwa semangka itu panas???
    Hal lain adalah tadi pagi ketika saya ke pasar, dan saya membeli rambutan...kemudian si Ibu yang belanja di tempat yang sama bilang "Jangan makan rambutan lho kalau sedang hamil" kemudian saya tanya "Kenapa", dia bilang "Bayi akan membesar didalam", Kalau menurut logika sih gak mungkin banget yah, kakak saya pas hamil gak doyan makan sama sekali, boro-boro bisa makan rambutan..makan makanan yang mengandung protein aja susah masuk, tapi kakak saya emang tinggi dan badannya besar sedangkan saya badannya kecil dan pendek. Dan ketika lahir malah bayinya besar banget..Jadi, apakah mungkin saya yang pendek dan kecil akan melahirkan bayi berukuran besar? Itu gak mungkin banget karena Tuhan tahu seberapa ukuran rahim kita dan seberapa besar bayi yang mampu kita lahirkan dengan ukuran tubuh kita...
    Dan terakhir adalah tidak boleh makan pedas karena mata bayi akan merah dan dibawah mata bayi akan buruk
    Kalau makan terlalu pedas memang sekarang saya gak berani tapi bukan berarti saya mempercayai mitos diatas, Saya sedikit menghindari karena perut sekarang mudah sakit jika makan pedas. Then, sebenarnya makan pedas jika emang suka tidak ada masalah..Karena ada tetangga yang emang orang Manado *tahu sendiri kan selera pedasnya orang Manado?* saat hamil makan pedas and super pedas, bayi lahir tidak apa-apa dan dalam keadaan sehat, cuma efeknya si bayi setelah tumbuh dan dewasa juga sama seperti Ibunya menyukai cabe, lombok dan makanan pedas

So, dari Mitos dan Hoax diatas, saya harap temen-temen bisa mencari tahu kebenarannya sebelum menyebarkan dan menakut-nakuti orang-orang di dekat kita. Dan bagi kita yang mendengar hoax dan mitos diatas jangan pernah takut, jangan percaya dan jangan pernah tersugesti oleh hal-hal tersebut..karena kata suami "Jika kita tersugesti maka hal tersebut akan terjadi, tapi jika kita tidak percaya dan beranggapan bahwa itu tidak benar maka tidak akan terjadi".

*Info :
Sumber untuk arti kata Hoax dan Mitos saya ambil dari Yahoo! Answer..
Gambar saya ambil dari http://www.themlmattorney.com
Untuk artikel lain tentang Hoax bisa dibaca di web ini Asal usul kata Hoax dan untuk kata Mitos bisa dibaca di blog ini Mitos Vs Logika, then untuk pembuktian Hoax yang emang gak benar saya co-past dari blog ini : Cuci Bra baru Anda sebelum dipakai

Related Posts by Categories




Photobucket
This entry was posted on Wednesday, December 14, 2011 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Post a Comment